Masa Depan WLAN

Sekarang saya akan membahas tentang masa depan WLAN. Tapi sebelumnya saya jelaskan dulu secara singkat apa itu WLAN.

WLAN adalah teknologi LAN yang menggunakan frekuensi dan transmisi radio sebagai media penghantarnya sehingga dapat menggantikan fungsi dari kabel.
Masa Depan WLAN

Masa depan teknologi WLAN terutama untuk aplikasi Outdoor akan bergabung saling melengkapi (komplementer) dengan teknologi yang akan datang yaitu WiMAX. Dengan kombinasi itu WLAN akan menjadi bagian dari topologi jaringan wirless MAN yang skalanya jauh lebih luas dan masif.

Di indonesia prototipe penggabungan kedua teknologi itu telah di wujudkan di daerah bencana aceh, terutama di kota banda aceh, di selenggarakan oleh kelompok relawan yang tergabung dalam yayasan AirPutih.

Kompleksitas desain dan implementasi jaringan Wireless MAN memerlukan pendekatan dan bentuk topologi yang berbeda terutama dalam hal isu routing, redudansi dan agregasi di sisi backhaul. Pada saat ini sedang di kembangkan sebuah teknologi yang di sebut dengan Mesh Topology. Dengan teknologi ini, dimungkinkan sebuah aplikasi routing yang lebih dinamis, kemudian agregasi dan kemampuan redudansi yang diperlukan untuk menangani desain jaringan yang sangat kompleks dan terdiri dari berbagai macam teknologi, produk dan fiturnya.

Sebagian produk WLAN saat ini sudah mulai mengimplementasikan Mes Topology walaupun masing-masing pabrikan masih menggunakan standar proprietary yang tidak menjamin terjadinya iteroperabilitas.

Pada akhirnya, teknologi WLAN lambat laun akan tergeser oleh penetrasi dari jaringan kabel yang diselenggarakan oleh operator. Namun, teknologi ini tidak akan habis begitu saja karena seiring dengan penetrasi tersebut akan terbuka lagi pangsa pasar baru di daerah suburban dan rural yang masih rendah nilai ekonomis pasarnya bagi teknologi jaringan kabel.

Sementara solusi broadband tetap akan dibutuhkan di wilayah tersebut, WLAN masih akan tetap menjadi solusi terbaik untuk misi penetrasi akses Internet Boradband Pioneer.

Demikian pembahasan tentang masa depan WLAN, semoga bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment